LOMBA BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) KELUARGA TOKOH ALKITAB

Dalam rangka pelaksanaan Bulan Bina Keluarga (BBK) GKI di Tanah Papua pada September 2024 maka salah satu kegiatan yang dilaksanakan di dalam jemaat GKI Zoar Klaligi Klasis Sorong, yaitu kegiatan Lomba Bermain Peran (Role Play) Keluarga Tokoh Alkitab. Lomba dilaksanakan antar Rayon dalam jemaat. Adapun keluarga tokoh Alkitab yang dilombakan yaitu keluarga Abraham dan Keluarga Ananias.

 

KELUARGA ABRAHAM (Perjanjian Lama)

Teks Alkitab Acuan: KEJADIAN 22:1-18

Informasi tentang Keluarga

a.  Nama Suami: Abraham

Nama Abraham artinya BAPA YANG TERPUJI. Namanya disebut pertama kali dalam Kejadian 11:26 dengan nama sebelumnya yaitu Abram. Ia berasal dari Ur Kasdim. Abraham mendapat panggilan Allah saat berusia 75 tahun. Ia berusia 100 tahun ketika anaknya Ishak lahir. Ia disebut BAPA SEGALA ORANG PERCAYA. Ia hidup sampai usia 175 tahun dan dimakamkan di Hebron (Gua Makhpela)

b.  Nama Isteri: Sara

Nama Sara artinya PUTERI JAYA. Namanya disebut pertama kali dalam Kejadian 11:29 dengan nama sebelumnya yaitu Sarai. Ia hidup sampai berusia 127 tahun dan dikuburkan di Hebron (Gua Makhpela)

c.   Nama Anak: Ishak

Nama Ishak berarti TERTAWA. Namanya pertama kali disebut dalam Alkitab pada Kejadian 17:19. Ia adalah anak yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham. Mengambil Ribka sebagai Isterinya dan memiliki 2 anak yaitu Esau dan Yakub. Ia hidup sampai usia 180 tahun dan dikuburkan di Mamre

Tokoh yang berperan: Tuhan, Malaikat Tuhan, Abraham, Sara, Ishak, 2 orang Bujang

Contoh Bermain Peran: Keluarga Abraham

Narator:

Ada sepasang suami isteri yang telah lanjut usia yaitu Bapa Abraham dan Mama Sara. Mereka diberkati Tuhan sebab Sara dapat melahirkan Ishak. Ishak adalah anak yang dijanjikan Tuhan bagi Abraham, dan yang sangat dinantikan oleh Abraham dan Sara. Tuhan sudah berjanji akan membuat keturunan Abraham menjadi sangat banyak seperti bintang di langit dan pasir di tepi laut. Oleh sebab itu mereka menjaga Ishak dengan baik dan berharap melalui Ishak janji Tuhan akan digenapi. (Adegan: Abraham dan Sara sedang duduk sambil memperhatikan Ishak yang sibuk dengan aktivitasnya sendiri)

Sara:           

Ishak … jangan main jauh – jauh e, Bapa dan Mama dapat ko ini susaaah sekali. Mama sampe tertawa waktu Tuhan bilang mama akan mengandung. Tra mungkin ee, karena Bapa dan Mama su tua.

Ishak:         

Iya kah mama … Tuhan baik e

Abraham:   

Sayang ,,, Tuhan su kasih anak Ishak ini. Tuhan itu luar biasa, tidak ada yang mustahil untuk Tuhan toh.

Sara:           

Makanya tong dua harus jaga Ishak bae – bae, dia tidak boleh jatuh kah atau apa juga. Abraham, tolong ko jaga sa pu anak nih bae – bae karena hanya dia saja, anak yang sa punya (Sara Keluar dari Panggung)

Narator:      

Suatu hari Tuhan berfirman kepada Abraham

Tuhan Allah:

Abraham!

Abraham:   

Ya Tuhan

Tuhan Allah:

Bawalah Ishak, anak yang kau sayangi itu ….. (Selanjutnya dapat mengacu pada Teks Kejadian 22:1-19 dengan kreatifitas dari peserta Lomba)

 

KELUARGA ANANIAS DAN SAFIRA (Perjanjian Baru)

Teks ALkitab Acuan: KISAH PARA RASUL 5:1-11

Informasi tentang Keluarga

a.  Nama Suami: Ananias

Nama Ananias artinya ALLAH TELAH MEMBERIKAN (Allah Rahmani)

b.  Nama Isteri: Safira

Nams Safira artinya JELITA/CANTIK.

c.   Anak : tidak disebutkan dalam cerita Alkitab

Tokoh yang berperan: Ananias, Safira, Petrus, Orang Banyak, Beberapa orang muda

Ringkasan Kisah:

Ananias dan Safira adalah sepasang suami isteri, anggota jemaat Kristen mula – mula yang mendustai Roh Kudus. Harta hasil penjualan tanah yang mereka jual,  tidak diberikan seluruhnya sebagai persembahan di dekat kaki Rasul (Petrus). Suami istri ini berkomplot untuk berdusta. Lalu keduanya mati, yang pertama Ananias dan tiga jam kemudian Safira, yang bersaksi sama (dusta) dengan suaminya

 

Contoh Bermain Peran: Keluarga Ananias dan Safira

 

Narator:      

Roh Kudus sudah dicurahkan. Para Rasul bersaksi tentag Yesus yang bangkit dengan luar biasa. Banyak orang menjadi percaya. Mereka bertobat dan memberi diri dibaptis. Orang – orang percaya dalam gereja mula – mula itu hidup saling mengasihi, setia bersekutu dan saling melayani satu dengan yang lain. Tidak ada seorangpun yang berkekurangan karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah menjual kepunyaannya itu dan hasil penjualannya mereka bawa lalu diletakkan di depan kaki rasul – rasul; kemudian dibagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluan masing – masing.

Safira:         

Pace Ananias … siooo ko ada bikin apa nih? Ko stop dan dengar berita ini dulu.

Ananias:     

Ah mace, ko baru dari mana jadi langsung tanya begitu. Sa ada perbaiki kipas angin rusak ini, siapa tau tong bisa jual untuk dapat uang toh. Berita apa yang ko mau kasih tau, bilang sudah …

Safira:        

Adoooh pace ko tau pace Yusuf toh?

Ananias:     

Yusuf yang mana?

Safira:

Yusuf yang orang Lewi dari Siprus tuh … yang Bapa Rasul dong panggil dia Barnaba itu.

Ananias:     

Oh iyo sa tau dia, dia kenapa jadi?

Safira:        

Aleee, dia juga jual dia pu ladang dan persembahkan itu untuk rasul – rasul. Pace banyak orang su jual dong pu tanah dan kasih persembahan tuh, baru tong 2 nih bagaimana? Malu juga kalo tong tra kasih persembahan hasil tanah itu.

Ananias:     

Yo kalo begitu tong dua jual tanah lagi sudah, tenang saying … tong 2 juga kan kasih tunjuk.

Narator:      

Maka suami isteri itupun menjual sebidang tanah yang mereka miliki dan beroleh uang sebagai hasil penjualan itu. (Keduanya pergi Keluar – lalu masuk dengan membawa uang)

Safira:        

Pace, hasil nih lumayan juga e,

Ananias:     

Iyo ko atur sudah supaya kitong bawa ke Rasul – rasul seperti yang lain

Safira:        

Tapi kitong pu keluarga ini pu kebutuhan masih banyak, tong juga perlu uang. Masa tong kasih semua??

Ananias:     

Iyo juga e, bagaimana kalo tong simpan lain untuk kitong.

Safira:        

Iya lebih baik begitu, ini cuma tong dua saja yang tahu.

(Adegan datang pada Petrus dan menyerahkan sebagian hasil penjualan saja - Selanjutnya dapat mengacu pada Teks Kisah Para Rasul 5:1-11 dengan kreatifitas dari peserta Lomba).

SELAMAT BERLOMBA

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "LOMBA BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) KELUARGA TOKOH ALKITAB"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

ABOUT ME

Foto saya
Sorong, Papua Barat Daya, Indonesia
Menemukan PELANGI dalam hidup sendiri dan menjadi PELANGI di langit hidup sesama. Like and Subscribe my youtube channel: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed